Tutorial Video Inkscape Time Lapse

Hy hai semua :D
sudah lama saya tidak menulis blog pribadi ini, pada kesempatan kali saya sharing dikit mengenai Tutorial Vektor Menggunakan Inkscape 「 Time Lapsing 」yang sesuai dengan judul di atas
,langsung saja kita simak video tutorial Episode 1 ini..




 



Inkscape sendiri adalah software free alias gratis, jadi barang kali kalo kalian bingung mencari solusi software berbasis vector pengganti Corel Draw atau Ilustrator nnah ini adalah solusi lainnya apalagi jika kalian bingung karena masalah lisensinya udah abis hehe.

Jika kalian suka dengan artikel ini, jangan lupa share artikel ini dan like yah
sampai jumpa di episode lanjutannya :D 

KUMPULAN TUTORIAL INKSCAPE

Tutorial INKSCAPE versi bhs Indonesia :
http://manual-inkscape.blogspot.com/


INKSCAPE Documentation :
http://inkscape.org/doc/- 31 Great Tutorials for Inkscape !
http://www.unixmen.com/31-best-tutorials-of-inkscape/

 

35 Tutorials to create amazing Vector Graphics using Inkscape :
http://speckyboy.com/2009/04/28/35-tutorials-to-create-amazing-vector-graphics-using-inkscape/ 


13 Beautiful Inkscape Tutorials for Creating Stunning Vector Graphics :
http://www.techdrivein.com/2010/10/13-beautiful-inkscape-tutorials-for.html 


15 Tutorial Inkscape untuk Membuat Desain Vektor yang Menawan :
 http://www.tahutek.net/2011/08/cool-site-15-tutorial-inkscape-untuk.html

Tutorial Desain Inkscape :
http://desaininkscape.wordpress.com/ 


50 Tutorials For Creating Vector Graphics Using Free Software Inskape :
http://creativenerds.co.uk/tutorials/inkscape-tutorials/ 


Inkscape design by István Kalmár :
http://inkscapedesign.blogspot.com/


dan sebagainya .... selamat belajar grafis dg INKSCAPE !


sumber Suro Dhemit
https://www.facebook.com/notes/ayo-belajar-linux/kumpulan-tutorial-inkscape-/668455576499784

 https://www.facebook.com/notes/ayo-belajar-linux/kumpulan-tutorial-inkscape-/668455576499784




gambar screenshootnya nyusul :v


Kumpulan web penyedia stock (1)

Ilustrasi sumber google.com


Stock sendiri bisa di artikan beberapa kumpulan file yang dikumpulkan menjadi satu . Di dalamnya bisa terdapat file berupa gambar, file mentahan (mockup) yang didalamnya pada umumnya terdapat file dengan format pdf, psd, ai, svg, cdr dan biasanya juga disertakan kumpulan file - file tutorial, berikut beberapa situs yang menyediakan stock file :

1. svgstock.com


Jika di perhatikan svgstock memfokuskan diri hanya khusus menyediakan file .svg yang sudah terlihat sendiri di nama logonya (you dont say) dan tentu software yang mendukung penuh untuk membuka software tersebut adalah inkscape.
bagi yang tidak tahu inkscape itu apa ...? saya akan jelasin dikit
Inkscape sendiri adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL . Inkscape bersifat cross-platform artinya inkscape dapat berjalan pada OS selain linux :D

lanjut..
di svgstock kalian juga dapat submit file seperti halnya deviantart dan teman sejawatnya lanjur ke berikutnya.

link : svgstock.com

2. desaininkscape



Dalam situs ini meenyediakan Mockup file, terdapat beberapa tutorial, web ini juga yang secara perlahan-lahan mengakak saya mengganti software bajakan ke software freeware heheh ...


















Tutorial Effect Vintage

Efek Vintage ini memberi kesan lembut pada foto adalah trend yang belakangan ini sedang naik daun dan sering digunakan di sosial media. Foto-foto dengan kesan soft vintage secara keseluruhan membawa suasana hangat dan dekat pada foto, seakan-akan kita ingin berada di foto tersebut.
ini adalah Efek Vintage yang akan kita buat.
wikavintage2015-07-07_9-34-12_8
sediakan foto yang akan kita edit.
wikavintage2015-07-07_9-34-12_9
nah penasar bagaimana cara membuatnya…? yuk ikuti tutorialnya.
buka foto di Adobe Photoshop, jika sudah klik Layer > New Adjustment Layer > Levels. jika keluar window klik OK.
wikavintage2015-07-07_9-34-12_1

setelah itu atur Levels seperti pada gambar dibawah ini.
wikavintage2015-07-07_9-34-12_2

selanjutnya klik Layer > New Fill Layer > Solid Color
wikavintage2015-07-07_9-34-12_3

dan ketik code warna #f6ddad lalu klik OK.
wikavintage2015-07-07_9-34-12_4

setelah itu klik Layer color fill 1 lalu pilih Blend Mode Multiply.
wikavintage2015-07-07_9-34-12_5

selanjutnya klik Layer > New Adjustment Layer > Curvers.
wikavintage2015-07-07_9-34-12_6

atur lah Curves seperti pada gambar dibawah ini.
wikavintage2015-07-07_9-34-12_7

maka hasilnya akan seperti foto dibawah ini.
wikavintage2015-07-07_9-34-12_8

selamat mencoba.Sumber : efekphotoshop.com

Kumpulan Fan Art

Di sini ada beberapa koleksi fan art yang saya buat
entah pada saat ada waktu luang, tapi kebanyakan adalah pembuatan fan art ini di buat pas lagi tugas pada numpuk bejibun wahahahha entah itu kenapa dan masih menjadi sebuah misteri kwkwkw ...
oke langsung aja tunjukkan beberapa fanart yang saya buat..

1. Kayano Ai


Ai Kayano (茅野 愛衣, lahir pada September 13, 1987 di Tokyo, Japan) adalah seorang aktris suara Jepang berafiliasi dengan Pro - Fit . sumber wikipedia

Dia dikenal karena menyuarakan Inori Yuzuriha di Guilty Crown . sebenarnya tidak hanya itu juga kalo saya sendiri taunya pas liat anohi mita hana.

software yang saya gunakan adalah inkscape 0.48

2.Matsui Jurina


Jurina Matsui adalah idola Jepang anggota idola Tim S SKE48 merangkap anggota AKB48 Tim K
kalo ini saya tahunya pas nonton Majisuka Gakuen :D
software yang saya gunakan adalah inkscape 0.48

3.Yuko Oshima

Yuko Oshima (大島 優子 Ōshima Yūko?, born October 17, 1988 in Yokohama) is a former member of Japanese idol girl group AKB48, of which she was the captain of Team K.[1] She is also a member of the AKB48 subunit Not Yet. Outside of singles that involved rock-paper-scissors tournaments, she has sung on the title tracks for all of AKB48's singles since "Aitakatta" in October 2006. She has placed among the top two for the annual AKB48 general elections from 2009-2013.

btw Yuko Oshima dah Graduate
dan kebetulan langsung bikin fanartnya :v
software yang saya gunakan adalah Cored Draw X7

4.Miyuki Watanabe

Btw pas bikin pas iseng-iseng aja ketemu pas baca di beberapa artikel suka langsung gambar aja njir GJ amat.. hahahha

software yang saya gunakan adalah Cored Draw X7

 5. Ashley Gosiengfiao


 Ashley Gosiengfiao kalo yang saya tahu adalah cosplayer di Asia tenggara yang terkenal kalo tidak salah pernah datang ke Indonesia #cmwiiw teehe..
Software yang saya gunakan adalah inkscape 0.49.

Dan itu beberapa FanArt yang saya buat 
tetap ikuti terus yach
jika ada yang berminat silahkan pm




Bezier With Pen Tool tidak bisa melengkung Inkscape


Kali Ini saya akan mendokumentasikan beberapa masalah yang sering di alami para pengguna inkscape mengenai Bezier With Pen Tool 

Bezier With Pen Tool

Bezier Curves, digunakan untuk membuat garis lurus biasa dan membuat simpul, selain itu dapat juga untuk membuat garis lurus maupun lengkung. Bezier Curves juga dapat digunakan untuk membuat object berbentuk persegi panjang, segitiga, setengah lingkaran, dan lain-lain.
di beberapa postingan group yakni mengalami masalah dimana user saat mengggunakan
Bezier With Pen Tool  tidak bisa melengkung berikut cara memperbaikinya
tidak usah melakukan install ulang inkscape nya lah :v gak sampai di situ bukan karena rusak heheh berikut saya kasih preview videonya :D















Penjelasannya :
  
Regular Bezier and Spiro
Digunakan untuk membuat garis lurus dan simpul sederhana.


Sequence of StraighDigunakan untuk membuat garis lurus atau simpul secara berurutan.


Sequence of Paraxial
Digunakan untuk membuat garis lurus atau simpul secara acak yang memiliki sudut, setiap membuat garis maka hasilnya akan lurus mendatar (horisontal) atau tegak (vertikal), pada saat membuat garis berikutnya maka hanya bisa menarik garis ke arah yang berlawanan dari garis yang dibuat sebelumnya, misal sebelumnya membuat garis vertikal maka garis berikutnya hanya dapat dibuat horisontal, jika ingin membuat garis yang berurutan lakukan sambil menekan tombol Shift.

Shape
Pada ikon Shape terdapat submenu yang terdiri dari 5 (lima) model garis yang dapat di gunakan yaitu, None, Triangle in, Trianggle Out, Ellipse, dan From clipboard fungsinya sama persis pada Pencil Tool.


Dari penjelasannya video dan penjelasan kegunaan tool seperti saat user bisa jadi lupa kalau user masih menggunakan mode Sequence of Straigh jadi saat ingin melengkungkan garis jadi tidak bisa dan cara untuk mengembalikan seperti semula kita hanya perlu mengubah mode Bezier with pen tool menjadi Regular Bezier and Spiro :D sekian dari saya ... jika ada salah kata dan ada beberapa pihak yang tersinggung saya mohon maaf ..

Sumber http://dev.blankonlinux.or.id/wiki/Dokumentasi/Panduan/Grafik/Inkscape/Bab4-BezierTool